TARI PUSPANJALI

Tari Puspanjali adalah sebuah tarian kreasi baru yang diciptakan oleh seorang seniman kawakan dai Bali yakni  N.L.N. Swasthi Wijaya Badem 26 tahun yang lalu tepatnya tahun 1989. Seperti apa sinopsis, sejarah serta bagaimana gerakan dan keindahan tarian yang juga mendapat sentuhan dari I Nyoman Windha sebagai penata musik pengiring nya tersebut? Selengkapnya bisa kita simak di bawah ini.

Sejarah

Nama dari Puspanjali sendiri berasal dari dua kata yakni puspa dan anjali yang masing-masing memiliki arti bunga dan menghormat. Dari nama tersebut tentu akan kita dapati tujuan tarian puspanjali yakni sebagai tarian penghormatan bagi para tamu.
sinopsis-tari-puspanjali-tari-kreasi-dari-bali
Adalah N.L.N. Swasthi Wijaya Badem seorang seniman profesional inilah yang menciptakan gerakan puspanjali. Selain dikenal sebagai pencipta puspanjali Swasthi Wijaya Badem juga terkenal akan tarian hasil karyanya yang lain seperti Tari Saraswati, Belibis, Siwa Nataraja, dan Tari Sekarjagad.
Dalam penggarapannya Swasti Wijaya tidak serta merta menyajikan koreografi puspanjali semata wayang, namun beliau juga menarik I Nyoman Windha yang tak lain merupakan seniman musik terkenal di daerah Bali kala itu sebagai penata musiknya.

Kolaborasi dua seniman sejati tersebut melahirkan keindahan serta estetika seni tari yang cukup terkenal hingga saat ini.
Sumber: http://www.senitari.com/2015/10/sinopsis-tari-puspanjali.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tari rejang dewa

Tari kembang girang

Tari Manuk Rawa